Trip: Taman Bunga Nusantara, Cipanas

8:30 AM

Dotto Trains
6 April 2013

Masih di bulan April, kali ini giliran jalan-jalan ke daerah Puncak yaitu Taman Bunga Nusantara. Walaupun taman ini sudah diresmikan sejak tahun 1995 dan sudah sekian lama pulang pergi ke Puncak, baru kali ini kesampain untuk bisa menginjakkan kaki ke sana. Ide ini pun tercetus dadakan saat jalan-jalan bersama teman-teman kantor diputuskan untuk menginap di salah satu villa di Cimacan. Akhirnya pagi itu kloter pertama (yang ingin ke Taman Bunga dulu) pun berangkat ke sana beranggotakan aku, Indra, Vika, Enik, Hendra, Teddy, Patra, Sofyan dan Maldi.

Berlokasi di Jl.Mariwati KM 7, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Indonesia. Ada beberapa pilihan rute yang dapat ditempuh untuk menuju ke sana, kebetulan kemarin kami mengambil rute masuk yang paling depan (setelah melewati Jembatan Ciloto belok ke kiri). Setibanya di sana cuaca waktu itu gerimis, sehingga kami memutuskan untuk mengambil paket tiket masuk + tiket naik "Dotto Trains" (hitung-hitung berteduh di dalam Dotto sambil menikmati pemandangan taman).

Berikut harga tiket Taman Bunga Nusantara:
  • Rp.25.000,- untuk tiket masuk saja
  • Rp.30.000,- untuk paket tiket masuk + tranportasi Dotto Trains / Garden Tram (keliling taman)
  • Rp. 4.000,- untuk tambahan naik Mobil Wira-Wiri
Untuk jam operasional:
  • 8.00 sd 17.00 pada hari kerja
  • 8.00 sd 17.30 pada akhir pekan dan hari libur
Kesan pertama yang didapat saat berkeliling taman dengan Dotto adalah "Waaawwww" (alias norak), ga nyangka ternyata di tempat yang agak tersembunyi di daerah Cipanas ini tersimpan sebuah tempat wisata yang menurut aku cukup pantas untuk masuk skala internasional. Setelah cukup lama terpukau tak terasa Dotto sudah hampir menyelesaikan satu putaran mengelilingi taman, dan langit pun sudah kembali cerah. Akhirnya kami turun di perhentian terdekat, supaya bisa menikmati keindahan taman dengan berjalan kaki (biar bisa sambil narsis ria menclok kanan kiri ^-^). Sayang dikarenakan sudah ada janji untuk makan siang di villa sehingga waktu berkeliling pun otomatis jadi singkat, hanya bisa mengunjungi French Garden, Japanese Garden, Dutch Green House, Water Garden, melihat Clock Garden, melewati Rose Garden, Swan Lake, Labyrinth Garden, Musical Fountain. Untuk Palm Garden, American Garden, Mediterranean Garden, Balinese Garden dan Observation Tower harus direlakan untuk kunjungan berikutnya. Selain fasilitas di atas, sebetulnya taman ini juga menyediakan tempat bermain untuk keluarga seperti ATV, Super Go-kart dan masih banyak lagi.

Pemandangan dekat pintu masuk Taman Bunga Nusantara
Aku sedang bergaya di depan Clock Garden
*foto oleh Indra*
Brontosaurus raksasa dari tanaman
Dari ki-ka: Maldi, Sofyan, Indra, Patra
Berpose di setiap sudut yang dilewati (Enik, Vika, aku)
*foto oleh Indra*
Dari sekian banyak tempat yang bisa dikunjungi, taman bergaya Perancis (French Garden) inilah yang paling ramai buat ajang bernarsis ria. Mulai dari yang khusus pakai model buat bergaya di depan kamera. Sampai yang model dan fotografer gadungan seperti kita-kita ini ^-^ begitu sampai di sini langsung sibuk mengeluarkan smartphone dan kamera masing-masing. Padahal beberapa saat sebelumnya yang sibuk jeprat-jepret cuma aku dan Mas Hendra. Yang pasti aku syukur banget ada Mas Hendra saat itu, lumayan buat bantu ambil foto bersama.

Sibuk berfoto ria di French Garden
Bergaya bersama di French Garden
Dari ki-ka: Sofyan, Vika, Mas Hendra, Teddy, Patra, Maldi, Enik, Indra, aku
*foto diset oleh Mas Hendra*
Water Garden
Patung Dewi Kunti di tengah danau
Menuju Dutch Green House (Mas Hendra terlihat girang sekali ^-^)
Berbagai koleksi bunga di Taman Bunga Nusantara
Ajang narsis berikutnya di kunjungan kami hari itu adalah Japanese Garden, yang ditata sedemikian rupa hingga menyerupai tampilan kebun-kebun pelataran rumah kuno di Jepang. Mulai dari pancuran bambu di kolam kecil, jembatan kayu di atas danau kecilnya, sampai beberapa bangunan rumah kecil ala Jepang.

Gerbang Masuk Japanese Garden
Lagi-lagi mejeng (aku lagi kumat narsisnya,  maklum biasanya di belakang kamera)
Thanks ya Ndra, sudah mau motoin
Yak, sampai di sini liputan mengenai Taman Bunga Nusantara, semoga akan ada kunjungan berikutnya. Karena aku akui perjalanan hari itu sangat menyenangkan, jadi buat yang bingung akhir pekan mau kemana tempat ini boleh menjadi salah satu alternatif pilihan wisata kalian. Untuk info lebih lengkap silakan kunjungi situs Taman Bunga Nusantara. Sampai jumpa di liputan berikutnya (^-^)