Trip: 1 Day Hongkong City Tour part 1

8:30 AM

23 April 2013

Setelah sekian lama absen baru sempat menulis lanjutan dari trip Hongkong sebelumnya. Untuk hari kedua jalan-jalan di negara ini, diputuskan untuk mengambil paket 1 Day City Tour seharga HK$600 atau sekitar Rp.750.000 yang terdiri dari:
  • Repulse Bay Beach
  • Golden Bauhinia Square (Hongkong Convention and Exhibition Centre)
  • Kunjungan wajib kalau ikut tour (toko emas dan toko obat)
  • Makan siang di Jumbo Boat Restaurant
  • Ocean Park, model-model Dufan-nya Hongkong (sudah termasuk tiket masuk sekitar HK$252)
  • The Peak, kalau yang ini Puncak-nya Hongkong
  • Wax Museum Madame Tussauds  (sudah termasuk tiket masuk sekitar HK$190, optional)

Berhubung banyak sekali tempat yang kami datangi dalam 1 hari, review kali ini akan terbagi menjadi beberapa bagian. Dimulai dari Repulse Bay Beach, salah satu pantai dangkal di Hongkong yang letaknya di daerah permukiman orang-orang terkaya dan penting di Hongkong. Perlu dicatat city tour ini dimulai dari jam delapan pagi , karena itu saat kami tiba di sana cuaca masih bersahabat alias adem-adem gimana gitu dan masih sepi banget. Pokoknya pas banget buat yang lagi bergalau ria buat merenung di sini sambil menikmati pemandangan yang ciamik, menyusuri pantai yang sepi seorang diri (seperti salah satu peserta tour di hari itu, yang pasti bukan aku yang waktu itu sedang norak jepret sana-sini).

Suhu pantai saat kami tiba
Selain keindahan pantainya, di Repulse Bay juga terdapat Kuil Kwun Yam. Di kuil ini terdapat banyak patung dewa dan dewi, konon sebagian besar merupakan sumbangan dari orang-orang penting di Hongkong mulai dari pengusaha sampai dengan artis. Di antaranya ada Dewa Uang, Dewa untuk memohon punya anak, Dewa Jodoh dan masih banyak lagi. Aku juga sempat memohon kepada Dewa Uang supaya dilancarkan rezekinya, sesuai dengan cara yang diajarkan oleh tour guide kami yang fasih sekali berbahasa Indonesia (padahal asli orang RRC). Cukup dengan 1 lembar uang kertas terserah berapapun nilainya, katanya makin besar makin bagus yang diusapkan ke patung dan disimpan dalam kantung celana atau tas yang tertutup. Setelah itu tidak boleh mencuci tangan dulu sementara waktu (untung sudah pipis duluan waktu baru sampai tadi, kalau ga siap-siap meper ke orang terdekat hehehe...)

Berbagai patung dewa yang bersemayam di Kwun Yam Temple

Beberapa patung dewa di bagian yang menjorok ke pantai
Di antara patung-patung dewa di kuil tersebut, juga terdapat jembatan panjang umur (Longevity Bridge), konon setiap kita melewati jembatan ini umur kita akan bertambah panjang 1 tahun. Namun yang perlu dicatat jangan pernah berputar balik saat melewati jembatan ini atau salah arah dalam menyeberanginya. Bila kita ingin melewati berkali-kali harus memutar dulu lewat bawah baru naik jembatan kembali, begitu dan seterusnya.

Jembatan Panjang Umur
Sesudah puas berkeliling (bisa dibilang cuma sebentar kita mampir di sini, namanya juga tour) kami pun mengikuti rombongan kembali ke mobil untuk berangkat ke tempat wisata berikutnya. Sambil melalui pantai yang sudah mulai ada tanda-tanda aktivitas dengan orang berenang dan bersantai dan beberapa penjaga pantai yang sudah mulai bersiaga untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung pantai. Kamipun siap berangkat menuju Golden Bauhinia Square, sampai jumpa lagi di liputan Hongkong Trip yang berikutnya ^-^

Mas-mas lifeguard yang sudah mangkal di posnya

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

FLASHBACK

Trip: 1 Day Hongkong City Tour extended

Setelah selesai bermain dan berkeliling di Ocean Park, kami pun segera berangkat menuju The Peak puncaknya Hongkong. Di sana juga terdapat ...