Trip: Gardens by the Bay, Singapore

11:00 AM

29 Maret 2018

Setelah sehari bermain ke daerah Chinatown-nya Singapore, esoknya khusus kami siapkan untuk bermain seharian di Gardens by the Bay, taman raksasa di pusat kota Singapore. Untuk bisa ke sini cara paling gampang adalah naik MRT menuju ke Marina Bay Sands, dan selebihnya tinggal mengikuti petunjuk jalan. Kalau mau puas keliling di sini sebaiknya memulai perjalanan dari pagi, karena banyak sekali tempat menarik yang bisa dikunjungi.

Tiket masuk:
  • Gardens by the Bay: Gratis
  • Flower Dome + Cloud Forest: IDR 240.000 / orang dewasa
  • Sky Tree: SGD 8 / orang dewasa
Kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Gardens by the Bay? Siang dan malam punya atraksi menarik tersendiri, jadi kalau mau puas dan baru pertama kali ke sini sebaiknya khusus siapkan satu hari penuh untuk berkeliling di sini. Tidak berlama-lama yuk kita ke incaran utama kali ini, Sakura...


FLOWER DOME

Salah satu wahana berbayar yang satu ini pasti jadi kunjungan wajib buat para pecinta tanaman khususnya bunga, konon beraneka tumbuhan dari berbagai penjuru dunia ada di sini. Sekitar 30 ribu jenis tanaman lebih dari 150 spesies bisa kita temui di sini. Untuk bulan Maret ini Flower Dome mengasung tema "sakura" yang bertepatan dengan mekarnya bunga sakura di negeri aslinya, Jepang. Jadi begitu memasuki kubah raksasa ini langsung disuguhi dengan bunga sakura yang bermekaran dimana-mana. Peraturan yang harus kita ingat di sini tidak boleh makan dan minum dan memegang tumbuhan selama berkeliling di dalam atau siap-siap ditegur petugas. Yuk, lanjut berkeliling.

Bunga sakura yang sedang mekar dengan indahnya.
Hampir setiap sudut dipenuhi nuansa pink.
Berpose sejenak 
Ada display boneka jepang lengkap dengan kimono-nya.
Beraneka jenis bunga sakura bisa kita temui di sini.
Selain bunga sakura kita juga bisa melihat beraneka jenis tumbuhan dan bunga dari berbagai negara.
Kebun mini bertemakan Alice in Wonderland.
Karya seni yang berkolaborasi dengan bunga-bunga.
Gadis penjaga gerbang :)
Setelah puas berkeliling di dalam Flower Dome ditambah dengan rasa lapar yang memanggil untuk diisi kami pun memutuskan untuk keluar meski mata masih ingin dimanjakan dengan pemandangan bunga-bunga yang cantik. Untuk menghemat waktu kami makan dari counter cafe yang terletak di antara Flower Dome dan Cloud Forest, walaupun hanya snack ringan lumayan untuk mengganjal perut sementara.

Es krim rasa sakura, agak aneh saat pertama kali cicip tapi lama-lama jadi enak dan bikin nagih. 
Hotdog jadi best selling di counter ini.


CLOUD FOREST
Perut sudah terisi kini saatnya lanjut ke Cloud Forest, catatan kecil begitu masuk ke kubah raksasa ini hawa dingin langsung menyambut brrrr..... Jadi buat yang kurang tahan dingin wajib hukumnya untuk bawa jaket atau baju hangat lainnya. Hawa dingin tersebut berasal tidak lain dari air terjun raksasa buatan tertinggi dalam ruangan yang mengalir dari tower penuh dengan tanaman yang menjulang dengan gagahnya di tengah kubah. Berbeda dengan Flower Dome, Cloud Forest dipenuhi dengan tanaman yang tumbuh dengan iklim lembab. Lebih dari 60 ribu tanaman dari dataran tinggi tropis terkumpul di sini. Memulai perjalanan dari bawah, kita akan diarahkan naik lift ke puncak tower dan menuruni jalur yang telah disediakan memutari dan menembus tower air terjun. 

Air terjun buatan raksasa
Beraneka ragam anggek yang sedang dilombakan
Perjalanan melingkar turun dari pucuk tidak terasa jauh karena sambil menikmati keindahan
Koleksi display bebatuan alam
Stalaktit versus stalakmit di zona Crystal Mountain
Tanpa terasa sudah sampai di jembatan bawah
Di dasar tower ada museum sejarah perkembangan manusia
Lapisan mineral-mineral alam berbentuk manusia
Manusia dan dampak dari perkembangan teknologi
Setelah melewati dasar tower di balik air terjun ternyata masih ada ruangan tambahan Secret Garden yang tidak terlihat sama sekali dari sisi luar sekaligus penutup tur keliling kami di Cloud Forest.

Tumbuhan mikro, dizoom dengan kaca pembesar
Cantik sekali sampai khusus berhenti untuk foto dulu
Tanpa terasa ternyata di luar sudah sore, saatnya bergegas menuju ke OCBC Skyway sebelum keburu gelap dan tutup. Tapi sekalian ke depan ganjal perut dulu dengan makanan berat, melipir sebentar ke Texas Chicken yang irit waktu dan bersahabat di kantong.

Menu paket penolong sore itu, suka banget sama bolunya :p


SUPERTREE GROOVE

Selesai makan langsung bergegas ke OCBC Skyway menuju loket, untung masih keburu beli tiket dan antri untuk naik lift ke atas pepohonan raksasa yang terkoneksi dengan jembatan penghubung antar pohon buatan yang dirancang dengan mengusung konsep sebagaimana pohon asli mengumpulkan energi matahari dan menyerap air hujan untuk diolah menjadi energi. Di batang kokohnya ditumbuhi beraneka ragam tumbuhan, menjadikannya sebagai perpaduan teknologi, alam dan seni yang menarik.

Pemandangan Skyway dari bawah
Akhirnya ada foto berdua, dengan tawaran sukarela dari petugas yang baik hati
Oh iya perjalanan di pohon-pohon buatan raksasa ini dibatasi waktu loh, jadi gunakan waktu kalian selama di atas dengan efisien. Buat yang takut tinggi tidak disarankan untuk naik ke atas, mengingat ketinggian 22 meter plus menyeberangi jembatan antar pohon. Setibanya kembali di bawah matahari pun sudah kembali ke peraduannya, kami memutuskan berkeliling sebentar ke Meadow. Dan kembali ke Supertree Groove dengan lampu-lampu yang sudah dinyalakan, saatnya bersantai sejenak menikmati pemandangan dengan duduk di rerumputan sembari mengistirahatkan kaki dan memanjakan mata.

Supertree Groove di malam hari punya pesonanya sendiri
Jangan buru-buru beranjak pulang dulu ya, setiap hari pada pukul 7.45 malam sekitar 1 jam ada Garden Rhapsody. Sebuah pertunjukkan musik dengan tema yang berganti-ganti akan diputar berkolaborasi dengan pertunjukkan lampu dari sky trees. Benar-benar pertunjukkan yang tidak boleh dilewatkan.


Fiuwww seharian penuh berkeliling di Gardens by the Bay, saatnya meninggalkan taman raksasa ini dan kembali beristirahat di hotel. Tapi sebelum itu mampir dulu ke Marina Bay ah.... Sampai jumpa di lain kesempatan :)


Gardens by the Bay
18 Marina Gardens Drive
Singapore

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

FLASHBACK

Trip: Tomb Visits, Paris Day 4

Selasa, 24 September 2013 Paris Père Lachaise Cemetery Kunjungan pertama hari ini agak beda dari biasanya, yaitu ke kuburan. Ich kok jalan-j...